Monday, April 9, 2018

Cara Membuat Android Berbicara Membacakan Sebuah Tulisan

Android memang menjadi primadona di kalangan masyarakat menengah bawah hingga menengah atas. Hal ini dikarenakan kecanggihan maupun fitur-fitur membantu kegiatan manusia yang dimilikinya. Bahkan android juga banyak membuat inovasi-inovasi brilian untuk para penggunanya. Misalnya saja membuat smartphone dengan OS (baca juga: cara mengembalikan android ke setelan pabrik) android dapat berbicara dan membacakan seluruh tulisan baik itu yang ada di halaman web maupun catatan lainnya dengan lengkap.

Cara Membuat Android Berbicara Membacakan Sebuah Tulisan

Menarikkan, dengan adanya bantuan dari android yang bisa bicara ini aktivitas pun bisa lebih santai dan membuat mata anda tidak lelah untuk membaca. Tentu saja dengan cara ini anda lebih menghemat waktu dan bisa mengerjakan aktifitas lain anda. Untuk anda yang ingin mengetahui caranya anda harus menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk membuat android anda dapat berbicara. Ada dua aplikasi yang wajib anda miliki jika ingin android anda dapat berbicara. Di bawah ini akan dibahas apa saja aplikasi android yang dapat membuat android berbicara atau membacakan sesuatu.

Membuat Android Berbicara Layaknya Manusia dengan Audify Notification Reader
Sebuah aplikasi yang bertugas untuk membaca pemberitahuan atau tulisan yang ada pada android. Bukan hanya itu saja, pesan yang ada pada sosial media seperti Messenger, Line, Whatsapp, BBM, dan lainnya semua dapat dibaca oleh Audify. Bagi anda yang ingin memiliki fitur canggih ini di android anda silakan langsung saja anda download Audify Notification Reader di Google Play Store. Aplikasi ini tergolong gratis dan bisa di download oleh siapapun tidak berbayar. Untuk cara atau langkah pengaturannya silahkan ikuti cara berikut ini:
  1. Pertama-tama anda download Audify di Play Store kemudian jalankan.
  2. Selanjutnya jika sudah muncul tampilan aplikasi silakan klik tombol "Enable Notifikation Access" untuk mengaktifkan klik izinkan.
  3. Selanjutnya aktifkan fungsi "Try OnSpeaker" kemudian klik Next
  4. Berikutnya aktifkan juga fungsi "Try Headphones" jika ingin menggunakan pesan yang masuk melalui headset dan klik Selesai.
  5. Anda juga dapat mengatur pilihan antara headset atau speaker smartphone anda untuk mendengarkan suara. Silakan pilih "Enable on Headset" untuk suara diucapkan dengan headset, dan "Enable On Speaker" untuk suara diucapkan dengan speaker smartphone. Anda juga bisa untuk mengaktifkan suara pada kedua opsi tersebut.
  6. Sekarang semua suara ataupun pesan yang masuk di smartphone anda akan dibacakan oleh robot dengan bahasa indonesia.

Membuat Android Membaca Tulisan di WEB dan lainnya dengan Voice Aloud Reader
Aplikasi ini akan membuat android anda semakin canggih. Jika anda hanya menggunakan aplikasi Audify, maka android hanya bisa membaca notifikasi dan pesan yang masuk saja. Untuk mengetahui informasi yang ada di dalam sebuah laman web untuk dibaca dengan menggunakan suara robot, anda perlu aplikasi Voidce Aloud Reader yang akan membantu anda untuk membacakan semua isi halaman pada sebuah web atau blog.

Selain itu, semua tulisan atau text yang dalam format lain bisa juga dibaca oleh aplikasi robot ini. Contohnya pada tulisan yang memiliki format file Doc, PDF, Txt, Open Office dan file lainnya yang didalamnya terdapat tulisan atau text, dengan itu aplikasi ini tentu saja bisa membacakan tulisan tersebut untuk anda.

Baca Juga: Cara Debugging USB Semua Versi Android

Bagus sekali bukan aplikasi ini, dimana anda dipermudah dengan urusan baca membaca. Maka dari itu sebaiknya memang wajib menginstal Voice Aloud Reader ini di android anda suapay android dapat berbicara layaknya manusia. Begitu juga dengan Audify, Voice Aloud Reader dapat dengan mudah anda dapatkan di Play Store.

Demikianlah cara membuat android anda dapat berbicara layaknya manusia. Cukup mudah bukan caranya, aplikasi ini tentu bermanfaat sekali buat anda yang sedang sibuk menjalankan aktivitas lain. Karena aplikasi ini akan membantu anda membacakan apa saja yang anda perintahkan sehingga anda bisa sedikit lebih santai dan membuat anda tidak perlu letih membaca tulisan di android sendiri.
Jika artikel ini bermanfaat untuk anda, jangan lupa untuk bagikan ke sosial media anda. Terimakasih telah membagikan artikel ini, temukan artikel lain yang menarik di bawah ini.

Berkomentar dengan cara yang santun dan berhubungan dengan artikel.
EmoticonEmoticon